SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DAN PERINDUSTRIAN KOTA BALIKPAPAN

Rakornas Bidang Koperasi dan UMKM Tahun 2019

Wednesday - 08 Mei 2019 - Dibaca: 805 kali

Bertempat di Kota Pangkalpinang Provinsi Kep. Bangka Belitung, telah terselenggara Rapat Koordinasi Nasional Bidang Koperasi dan UMKM se-Indonesia pada tanggal 2-4 Mei 2019.

Acara yang dibuka oleh Menteri Koperasi dan UKM RI ini mengangkat tema “Sinergi Program dan Kegiatan Pusat dengan Daerah Dalam Pemberdayaan Koperasi dan UMKM Untuk Bahan Rumusan Perencanaan Strategi Pembangunan KUMKM Jangka Menengah(RPJMN) 2020-2024”. Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan serta Kepala Bidang Koperasi dan UMKM DKUMKMP hadir dalam kesempatan ini bersama peserta dari provinsi dan kab/kota lainnya.

"Masyarakat KUMKM telah merespon dengan tepat berbagai kebijakan yang telah ditorehkan di tahun-tahun sebelumnya", tutur Menteri Koperasi dan UKM dalam sambutannya. Kebijakan itu diantaranya : (1) Penurunan sukubunga KUR yang semula pada tahun 2014 sebesar 22% menjadi 12% pada tahun 2015, dan turun sebesar 9% pada tahun 2017 serta pada tahun 2018 turun kembali menjadi 7%. (2) Pada tahun 2018, tarif PPh Final dunia usaha, khususnya UMKM, yang semula sebesar 1% diturunkan menjadi 0,5%. Penurunan tarif PPh Final tersebut berlaku bagi UMKM, termasuk koperasi yang memiliki omset/peredaran bruto maksimal sebesar Rp 4,8 miliar per tahun, (3) Dihadirkannya NIK (Nomor Induk Koperasi) sebagai bagian dari program rehabilitasi koperasi, dll