SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DAN PERINDUSTRIAN KOTA BALIKPAPAN

Diklat Peningkatan Kapasitas Usaha dan Kelembagaan Koperasi

Monday - 24 Juni 2019 - Dibaca: 736 kali

Balikpapan - Bertempat di Hotel Grand Tjokro, Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Balikpapan menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Usaha dan Kelembagaan Koperasi yang berlangsung selama 3 hari (18-20 Juni 2019) dengan menghadirkan 3 orang narasumber dari BNSP.

Koperasi adalah business oriented yang membutuhkan strategi jitu untuk pengembangan usaha koperasi. Koperasi sebagai salah satu usaha yang bergerak di sektor jasa keuangan dan sektor riil yang melayani anggota dan calon anggota, maka unsur kepercayaan dalam mengelola usaha termasuk pemahaman dalam hal manajemen pengelolaan koperasi yang baik dan benar, harus dijaga mengingat anggota koperasi merupakan aset berharga bagi koperasi.

Keberadaan pengelola yang kompeten dan profesional merupakan salah satu syarat dalam pengembangan koperasi. Peningkatan kapasitas SDM koperasi sebagai kaderisasi merupakan hal yang sangat penting dilakukan dengan tujuan agar pengurus koperasi dapat mengelola koperasi dengan baik, transparan dan akuntable serta dapat dipertanggungjawabkan pengelolaannya, tidak saja pada anggota koperasi (sebagai pemilik dan pengguna koperasi), tetapi juga pengurus dapat mempertanggungjawabkan pengelolaan pada stakeholder serta pihak terkait lainnya. Disamping itu, diperlukan jaringan kerjasama koperasi dengan stakeholder lainnya yang mengacu pada prinsip-prinsip perkoperasian.

                  

Melalui diklat ini, pengelolaan koperasi yang profesional, transparan, dan akuntable diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan anggota dan dunia usaha terhadap koperasi yang akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan anggota serta menjadi pilar perekonomian masyarakat.