SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DAN PERINDUSTRIAN KOTA BALIKPAPAN

Puncak Peringatan HARKOPNAS 2019

Thursday - 18 Juli 2019 - Dibaca: 56 kali

Purwokerto - Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72 pada 12 Juli 2019 yang dilaksanakan di Kota Purwokerto, Jawa Tengah, tepatnya di Stadion Satria Purwokerto, berlangsung sangat meriah. Bapak Presiden RI, Joko Widodo, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Bpk. Darmin Nasution) menyampaikan peran koperasi dalam pemerataan ekonomi yaitu koperasi merupakan kerjasama antara orang atau kumpulan orang dan mengandalkan orang, bukan kumpulan modal, sedangkan Perseroan Terbatas adalah kumpulan modal kerjasama dengan menitikberatkan pada permodalan.

 

 

 

Dalam 5 tahun pertama pemerintahan Jokowi, Pemerintah berusaha kerja keras menitikberatkan pada pembangunan insfratruktur, sedangkan pembangunan lain dalam periode kedua diantaranya :

1. Pemanfaatan insfratruktur yang sudah dibangun yaitu pembangunan jalur lintas kab/kota dan daerah terpencil
2. Peningkatan kualitas SDM
3. Kebijakan pemerataan ekonomi dalam bentuk pemanfaatan tanah dengan program sertifikasi tanah
4. Peremajaan kelapa sawit
5. Budidaya diperbaiki dengan sistem klaster dengan pembiayaan KUR. Seluruh upaya pelepasan tanah, peremajaan hutan di dorong dalam bentuk organisasi dengan sistem klaster berbentuk suatu badan usaha yg di sebut Koperasi dan mendorong koperasi dalam memanfaatkan pembiayaan KUR dengan bunga 7 persen dan LPDB.
Dengan demikian, diharapkan koperasi dapat mengakses pembiayaan koperasi dalam bentuk transformasi ekonomi.
6. Metode kelompok transformasi ekonomi yang berujung pada perubahan ekonomi
7. Peningkatan kemampuan daya beli bagi buyer/off taker/pembeli yang mendorong peningkatan ekonomi sehingga tidak sekedar membagi-bagi pembiayaan. Hal inilah yg dimaksudkan dengan transformasi ekonomi berbentuk KOPERASI.

                     

Rangkaian Perayaan Harkopnas 2019 telah dimulai dengan Gerak Jalan 1 Juta Anggota Koperasi pada 31 Maret 2019, kemudian dilanjutkan rangkaian acara di Jakarta berupa Indonesia Cooperative Golf Tournament, ICEF, dan kegiatan tabur bunga dan doa bersama di Makam Bung Hatta sebagai penghargaan kepada Bapak Koperasi Indonesia. Rangkaian akhir Harkopnas ditutup di Purwokerto Jawa Tengah berupa Jambore Koperasi, Sarasehan Koperasi, Harkopnas Expo 2019, dan Grebeg Koperasi. Dalam acara Sarasehan Koperasi yang bertempat di Hotel Java Heritage, Purwokerto, ketua Koperasi Wanita Patra yang merupakan salah satu koperasi binaan Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan, memperoleh Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM dari Menteri Koperasi dan UKM RI atas jasa dan dharma baktinya dalam memajukan kegiatan koperasi dan UKM. DKUMKMP Kota Balikpapan pun turut berpartisipasi dalam Harkopnas Expo yang berlangsung sejak 11 Juli hingga 14 Juli 2019.