SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DAN PERINDUSTRIAN KOTA BALIKPAPAN

Menangkap Peluang Usaha Baru, DKUMKMP Selenggarakan Pelatihan Hidroponik Tingkat Dasar

Tuesday - 27 Agustus 2019 - Dibaca: 42 kali

Balikpapan - Selama 2 (dua) hari, yaitu tanggal 14-15 Agustus 2019, Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan menyelenggarakan Pelatihan Wirausaha Baru berupa Pelatihan Hidroponik Tingkat Dasar. Bertempat di Aula DKUMKMP, sebanyak 40 orang peserta yang meliputi difabel, wirausaha pemula, dan kader PKK mengikuti pelatihan ini.

Keberadaan usaha mikro, kecil dan menegah (UMKM) di Indonesia khususnya di Balikpapan sangat strategis dalam menggerakkan roda perekonomian. Peran usaha mikro kecil telah banyak membantu pemerintah terutama dalam menekan angka kemiskinan dan pengangguran serta telah teruji ketahanannya dalam menghadapi krisis moneter dan krisis ekonomi.

Sebagaimana diketahui, pelaku usaha di Balikpapan masih banyak yang bergelut di bidang usaha kuliner, fashion dan kerajinan. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, DKUMKMP mencoba suatu pelatihan yang baru yaitu pelatihan hidroponik. Disamping tidak memerlukan waktu khusus untuk membuat usaha hidroponik, usaha ini juga dinilai tidak memerlukan modal yang besar dan juga tidak membutuhkan tenaga karyawan yang banyak. Dengan demikian, hidroponik merupakan peluang usaha yang menjanjikan. Selain dijadikan sebagai peluang usaha, juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan keluarga sendiri serta sekaligus untuk penghijauan lingkungan.

Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberdayakan masyarakat, membentuk wirausaha baru, serta menekan Inflasi di Kota Balikpapan.