SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DAN PERINDUSTRIAN KOTA BALIKPAPAN

Gali Potensi Sumber Daya Alam Kota Balikpapan dan Potensi SDM : Dekranasda Kota Balikpapan dan DKUMKMP Gelar Lomba Motif Batik Khas Kota Balikpapan

Friday - 06 Maret 2020 - Dibaca: 144 kali

Balikpapan - Dekranasda Kota Balikpapan bersama Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan baru saja menyelenggarakan Lomba Motif Batik Khas Kota Balikpapan bertempat di Galeri Dekranasda Kota Balikpapan. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum Dekranasda Kota Balikpapan (Ibu Arita Rizal Effendi) bersama Ibu Ketua Dharma Wanita Kota Balikpapan (Ibu Hj. Eka Masjitah Fadli) yang juga dihadiri oleh beberapa OPD di Kota Balikpapan, juga dihadiri oleh stakeholder seperti BI, Bank Kaltimtara dan PT. Angkasa Pura I.

Terdapat 2 kategori yang dilombakan, yaitu "Lomba Desain Batik Motif Khas Kota Balikpapan (Motif Baru)" dan "Lomba Aksesoris dari Batik Motif Khas Kota Balikpapan". Pendaftaran lomba ini telah dibuka sejak tanggal 03 s/d 29 Februari 2020 dan antusias warga Kota Balikpapan sangat tinggi dengan banyaknya desain/karya yang diajukan.

Pada tanggal 2 Maret 2020 dilakukan penyeleksian hasil karya dari seluruh peserta lomba, oleh para Juri yang terdiri dari unsur Dekranasda Propinsi (Bapak Supriadi), Rumah Ampiek (Ibu Emy Hasyimiah) dan juga dari tokoh masyarakat (Ibu Lampang Bilung). Kriteria penilaian meliputi motif (keunikan, artistik), komposisi warna, kreativitas (proses pembuatan, pewarnaan), keharmonisan antara judul, sumber ide dan motif serta kekarakteristikan unsur kekayaan alam Kota Balikpapan. Dari hasil seleksi diperoleh 9 nomine untuk kategori Lomba Desain Batik Motif Khas Kota Balikpapan (Motif Baru) dan 6 nomine untuk kategori lomba aksesoris.

Selanjutnya para nomine mempresentasikan karya beserta filosofi desainnya oleh para nomine pada tanggal 3 Maret 2020. Dari hasil presentasi ini ditetapkan para juara/pemenang untuk kategori desain batik (motif baru) sebagai berikut :

JUARA Nama Usaha / Perorangan Nama Pemilik / Pembuat Nama Desain Batik
1 Kumala Syarifah Fatimah Kumala
2 Batik Khaliqa Arensi Arensi Tondo Batik Kembang Pisang
3 Treative.id Fathur Rahman Panorama Balikpapan
Harapan D'U Batik Balikpapan Didid Wahyudin Pesona Meranti
Harapan Perorangan Almasofiah Alfaroh Adipura Kencana
Harapan Safira D.A.E Safira Dewi Asrining Esti JUNJUNG SEBAJA

Pemenang Lomba Desain Batik Motif Khas Kota Balikpapan akan didaftarkan hak cipta (HKI) Ke Kemenkumham RI sebagai motif khas Kota Balikpapan atas nama Pemerintah Kota Balikpapan.


Adapun pemenang untuk kategori aksesoris adalah :

JUARA Nama Usaha / Perorangan Nama Pemilik / Pembuat Nama Desain Aksesoris
1 Raisyaboutiquee Wahidah lestari Tas
2 Cerita Bahagia Endah Tri Hapsari Pesona Kalung Magrove
3 Tri Andayani Tri Andayani Syal Batik Motif Akar Bakau
HARAPAN Raisyaboutiquee Wahidah lestari Tas kulit batik motif
HARAPAN Raisyaboutiquee Wahidah lestari Kalung
HARAPAN BAHALAP Wati Gantungan Mobil Bermadu (Beruang Madu)

Ketua Umum Dekranasda Kota Balikpapan menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menambah variasi motif batik khas Kota Balikpapan guna menambah daya saing, serta untuk lebih menggali potensi sumber daya alam kota balikpapan guna dituangkan dalam kerajinan, serta peningkatan potensi sumber daya manusia untuk lebih berkreasi dan berinovasi. Beliau menambahkan, kegiatan ini juga sebagai bentuk perayaan Hari Ulang Tahun Dekranas ke-40 yang bertepatan pada tanggal 3 Maret 2020.