SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DAN PERINDUSTRIAN KOTA BALIKPAPAN

"PERIUK NASI" : Digitalisasi Pembayaran Retribusi di SIKS Secara Praktis dan Aman menggunakan QRIS

Friday - 17 September 2021 - Dibaca: 285 kali

Balikpapan - Bertempat di Sentra Industri Tahu Tempe Somber atau Sentra Industri Kecil Somber (SIKS), Sosialisasi dan Launching "PERIUK NASI" yang merupakan akronim dari Pembayaran Digital Retribusi Kekayaan Daerah di Sentra Industri Kecil, telah terlaksana dengan lancar pada tanggal 13 September 2021. Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan (Adwar Skenda Putra), Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan (Mahdi Abdillah), dan Sales Supervisor GoFood Kaltim PT. Gojek Indonesia (Mufahim Abqary) hadir dalam acara.

"Periuk Nasi" merupakan implementasi inovasi / Aksi Perubahan dari Kasubbag Tata Usaha UPTD Sentra Industri Kecil (Sahrul) pada Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan VIII Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh BPSDM Prov. Kaltim guna memberikan kemudahan bagi IKM di Sentra dalam melakukan pembayaran di masa pandemi Covid-19 secara praktis dan aman. Pelaksanaan pembayaran retribusi di SIKS secara digital menggunakan QRIS (Quick Response Indonesian Standard), satu QR CODE untuk semua aplikasi dompet digital (e-wallet) atau digital banking. Inovasi ini sekaligus mendukung program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan Bank Indonesia serta bagian dari target Kepala DKUMKMP di Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah atau TP2D.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menyerahkan QRIS kepada Kepala DKUMKMP secara simbolis untuk pembayaran retribusi kekayaan daerah dan diserahkan kepada UPTD Sentra Industri Kecil selaku pelaksana teknis kegiatan retribusi. Salah satu wajib retribusi di SIKS secara perdana melaksanakan pembayaran dengan melakukan scan QRIS melalui aplikasi dompet digital atau digital banking secara perdana.

Dalam kesempatan ini tim dari Bank Indonesia menyampaikan sosialisasi mengenai QRIS kepada seluruh IKM di SIKS. Manfaat penggunaan QRIS melalui aplikasi dompet digital juga disosialisasikan oleh Sales Supervisor GoFood Kaltim PT. Gojek Indonesia, Mufahim Abqary.