SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DAN PERINDUSTRIAN KOTA BALIKPAPAN

DBON Festival 2022, UMKM Balikpapan Tampil Dengan Produk Unggulannya

Saturday - 03 September 2022 - Dibaca: 184 kali

Pada rangkaian Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 yang dikemas  dalam Dbon Festival 2022 selama tiga hari di Lapangan Merdeka Balikpapan, Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan turut berpartisipasi dengan membawa pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Balikpapan.

Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Fetival 2022 merupakan salah satu instrumen penting dalam memajukan prestasi olahraga nasional agar dapat diketahui dan didukung oleh masyarakat luas. Kegiatan ini juga dapat memberdayakan bibit-bibit atlet lokal yang lahir melalui pembinaan yang terencana, terukur dan berkesinambungan oleh masing pengurus cabang olahraga

Disela-sela mengunjungi stand UMKM di Lapangan Merdeka Balikpapan, Sabtu (3/9/2022), Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan, Rosdiana mengungkapkan, tujuan UMKM ikut serta dalam Dbon Festival kali ini untuk menampilkan produk-produk unggulannya sebagai upaya memasarkan dan mengenalkan produk yang dihasilkan UMKM

“Salah satunya adalah produk makanan khas seperti amplang dan makanan olahan perikanan kelautan dari binaannya yang beroperasi di Kawasan Industri Teritip,” jelas Rosdiana.

Di samping itu, ada produk kriya seperti kerajinan tangan gelang, kalung, dan kain batik yang menjadi motif khas Balikpapan.

Di kesempatan ini juga, Ketua Dekranasda Balikpapan, Nurlena Mas’ud menilai produk-produk asli Balikpapan sudah mulai bermunculan.

“Kemasannya sekarang bagus karena kita sering kasih sosialisasi dan memberikan pelatihan. Alhamdulillah, jadi perlu ditingkatkan,” tutur isteri Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud.

Meskipun sudah bagus dalam hal kemasan. Menurutnya, masih perlu perbaikan dan lainnya agar peminatnya akan semakin berminat produk-produk yang sudah diciptakan.

“Dari sisi pemasaran memang harus kita kembangkan. Sekarang kan setiap individu sudah mempunyai media sosial sendiri bagaimana dia memperkenalkan produknya itu ke dinas-dinas terkait,” pungkasnya.