SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DAN PERINDUSTRIAN KOTA BALIKPAPAN

Dinas KUMKM dan Perindustrian Beri Penghargaan Pelaku IKM dan Industri Balikpapan

Monday - 05 September 2022 - Dibaca: 107 kali

Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perindustrian Kota Balikpapan memberikan penghargaan kepada pelaku industri kecil menengah (IKM) dan pelaku industri Kota Balikpapan. 
Penghargaan diberikan sebagai apresiasi kepada para pelaku IKM yang telah mengembangkan usahanya. “Selain itu, penghargaan ini diberikan dalam rangka meningkatkan motivasi bagi pelaku usaha industri untuk mengembangkan usahanya, guna menumbuhkan pelkau industri di Balikpapan,” kata Plt KepalaDinas KUMKM dan Perindustrian, Rosdiana. 

Pemberian penghargaan diberikan di sela-sela Pelatihan Manajemen Bisnis IKM dan Sentra Industri di Hotel Novotel Balikpapan, Senin, 5 September 2022. Kegiatan pelatihan tersebut akan dilaksanakan hingga bulan Desember dengan biaya langsung dari Dana Alokasi Khusus Kementerian Perindustrian. 

Rosdiana menambahkan, dengan penghargaan ini, para IKM dan pelaku industri diharapkan dapat menjadi menjadi mitra dalam memberikan inspirasi dan menumbuhkan pelaku industri di Balikpapan.
Pemerintah memberi perhatian khusus kepada IKM dan UMKM karena termasuk sektor yang menjadi ujung tombak dalam pemulihan perekonomian. Hal ini terbukti pada saat Covid-19, pelaku UMKM dan IKM mampu bertahan. “Karena itu berbagai upaya dilakukan pemerintah dari pusat dan daerah untuk terus meningkatkan daya saing pelaku UKM maupun IKM,” tandas Rosdiana. 

Adapun penghargaan yang diberikan oleh Dinas KUMKM dan Perindustrian adalah sebagai berikut:
A.    Pelopor Industri Kerajinan Batik Balikpapan, diberikan kepada:
1.    Hj. Emy Alaydrus (Rumah Ampiek)
2.    Supratono (Batih Shaho)
3.    Rones Triyono (Arnesta Batik)
4.    Ida Royani (Batik Tenun Vi)

B.    Industri Kecil Menengah yang aktif produksi di Sentra Industri Kecil Teritip (SIKT), diberikan kepada: 
1.    Widi Suharjo (Renyah Kepitign Borneo)
2.    Hj. Nursiah (Shifodji)
3.    Reinca Wangsa Gunasih (Eeng Wangsa)
4.    Sri Astuty (BDS Snack)

C.    Pelaku industri tertib menyampaikan laporan industri melalui SINas, diberikan kepada:
1.    PT Galangan Balikpapan Utama 
2.    PT Duma Nusatama 

D.    Pelaku IKM Inspiratif, diberikan kepada:
1.    Riswahyuni (Salakilo)
2.    Endah Trihapsari (Chumbucket) 

Lebih jauh, Rosdiana mengatakan, pemerintah terus aktif menggandeng berbagai pihak untuk turut berperan dalam penumbuhan wirausaha dan peningkatan daya saing IKM. Upaya kolaborasi dengan pihak swasta, baik perorangan, perusahaan, lembaga atau organisasi, serta pemerintah daerah merupakan kunci utama untuk menumbuhkan IKM yang kuat,bahkan memiliki resiliensi dan daya saing yang tinggi.