SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DAN PERINDUSTRIAN KOTA BALIKPAPAN

Pelatihan Teknis Produksi dan Standarisasi Produk bagi pelaku Industri Kecil Menengah Kota Balikpapan

Saturday - 10 September 2022 - Dibaca: 98 kali

Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perindustrian Balikpapan (DKUMKMP) melaksanakan kegiatan Pelatihan Teknis Produksi dan Standarisasi Produk yang secara resmi dibuka oleh Plt. Kepala DKUMKMP, Ibu Rosdiana.

Pelatihan yang berlangsung mulai Jumat, 9 September 2022, di Novotel Balikpapan ini akan berlangsung selama 7 hari, sampai tanggal 16 September 2022.

Pelatihan teknis produksi dan standarisasi produk merupakan upaya DKUMKMP dalam meningkatkan kualitas sekaligus pengembangan produk industri kecil dan menengah (IKM) Kota Balikpapan.

“Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan kemampuan serta keterampilan para anggota sentra IKM dalam melaksanakan proses produksi secara baik dan benar, serta memahami persyaratan standar produk yang berlaku pada suatu komoditas,” kata Rosdiana dalam sambutannya.

Menurut Rosdiana, pelatihan teknis produksi dan standarisasi produk sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing IKM. “Sasarannya tidak hanya para IKM yang ada di Sentra Industri Kecil Teritip (SIKT), namun juga para IKM yang berada di luar sentra industri kecil,” jelasnya.

Hal ini agar standar mutu yang baik dalam produk bisa diterapkan oleh para pelaku IKM. “Agar dapat memacu perkembangan serta inovasi IKM di Kota Balikpapan,” ujar Rosdiana. Pelatihan ini diampu oleh berbagai ahli. Dari Institut Teknologi Kalimantan, serta instruktur dari PT Coach Farid Colleague Balikpapan.

“Kami memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada narasumber peserta dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan kali ini sehingga kegiatan dapat terselenggara dengan baik,” imbuh Rosdiana.

Ia berharap dengan pelatihan ini IKM dan pelaku industri dan pelaku usaha menjadi kuat dan berdaya saing tinggi, khususnya dalam menyambut IKN di Kalimantan Timur.