SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DAN PERINDUSTRIAN KOTA BALIKPAPAN

Sosialisasi SIINas (Sistem Informasi Industri Nasional) dan Penyampaian Data Industri Kota Balikpapan

Wednesday - 21 September 2022 - Dibaca: 165 kali

Guna mempermudah pelaku usaha industri dalam menyampaikan data dan informasi perkembangan usahanya, Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan menggelar Sosialisasi SIINas dan Penyampaian Data Industri ke pelaku usaha industri di Kota Balikpapan.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Perindustrian Ardhi Sanjaya, dan Disperindagkop UKM Provinsi Kalimantan timur, Agus Wardana.

Pelaksana Tugas Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan, Rosdiana mengatakan bahwa integrasi data secara terpusat sangat penting bagi keberlangsungan suatu usaha terutama industri kecil menengah yang mana sangat menjadi tonggak pendapatan di Kota Balikpapan.

“Data sangat memiliki nilai yang tinggi dan merupakan aset bagi suatu usaha apabila dapat saling terhubung antara pelaku dengan instansi yang berkaitan,” kata Rosdiana ketika membuka Sosialisasi SIINas di Novotel Balikpapan, Selasa, 20 September 2022.

Karena itu ini menjadi tantangan tersendiri bagi para stakeholders apabila data tidak terpusat dalam satu kesatuan. Oleh sebab itu, pemerintah membuat suatu sistem yang dinamakan SIINas (Sistem Informasi Industri Nasional).

SIINas adalah sistem yang dibangun oleh Kementerian Perindustrian dengan tujuan dari menyediakan basis data pembangunan, sebagai bahan analisis kebijakan, memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman dalam penyelenggaraan tata kelola data, menjadi rujukan utama data dan sistem statistik nasional.

“SIINas diharapkan dapat mempermudah pelaku industri dalam menyampaikan data dan informasi perkembangan usahanya,” tutur Rosdiana.

Selain itu, SIINas dapat memberikan manfaat bagi pelaku usaha industri yang ke depannya dapat membantu perkembangan usahanya.

“Sebagaimana slogan SIINas adalah informasi akurat, industri kuat. Hal inilah yang nantinya akan disampaikan oleh para narasumber. Sehingga nanti menjadi tepat sasaran,” tutupnya