SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DAN PERINDUSTRIAN KOTA BALIKPAPAN

Peringati Hari Koperasi, DKUMKMP Balikpapan Gelar Pelatihan dan Expo

Thursday - 03 Agustus 2023 - Dibaca: 333 kali

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Memperingati Hari Koperasi Nasional ke-76, Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan menggelar Expo dan berbagai lomba di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center atau Dome.

Kegiatan yang digelar mulai 27-30 Juli Agustus 2023 ini dibuka oleh Kepala Bidang Koperasi DKUMKMP Balikpapan, Bahriansyah, yang diikuti puluhan UMKM dan masyarakat Balikpapan.

Dalam pembukaan Kabid Koperasi DUMKMP Kota Balikpapan, Bahriansyah menjelaskan, tujuan digelarnya kegiatan ini untuk mempromosikan kegiatan koperasi dan UMKM yang ada di Kota Balikpapan.

“Termasuk ikut berperan meningkatkan perekonomian masyarakat melalui berbagai kegiatan seperi pelatihan koperasi dan UMKM, artinya ketika usaha bagus kita bantu perizinan usaha dan verfikasi UMKM semakin meningkat,” terangnya Bahriansyah kepada media, Kamis, 27 Juli 2023.

Adapun yang terlibat sebanyak 60 koperasi, yang mana klo di Balikpapan itu terdapat 438 koperasi hanya saja ada beberapa yang sudah tidak aktif.

“Sekitar 300 koperasi yang aktif, yang mana tujuan utama mensejahterakan anggotanya, ketika koperasi itu berjalan baik maka akan berdampak juga dengan para anggotanya, termasuk pengembangan sektor usaha lainnya seperti warung dan pertokoan,” ujarnya.

Sedangkan untuk pelaku UMKM, Pemerintah juga mempermudah dengan memberikan ke kredit usaha rakyat dengan bunga 6 persen dan dibebaskan agunan asalkan mereka melihat UMKM tersebut berkembang.

“Termasuk pengembangan koperasi modern dapat menjadi moderen dan digitalisasi salah satunya melalui koperasi simpatik,” ujarnya.

Sementara itu, Kordinator Panitia Seksi Expo dan Lomba Expo Hari Koperasi Nasional 76 DKUMKMP Kota Balikpapan Sri Astuti Wijaya mengatakan, selain expo juga menampilkan berbagai perlombaan mulai 27 Juli hingga 30 Juli mendatang, yang mana lomba tersebut di antaranya sambel geprek, tari kreasi, mewarnai, menghias buket, senam aerobik,dan menghias tumpeng.

“Untuk sambel geprek pesertanya ada 52 orang, mewarnai 131, lomba buket 28 peserta, tari kreasi 17 peserta, tumpeng 18 peserta, senam aerobik 60 peserta dan ini masih akan terus bertambah pesertanya,” tandasnya.

“Puncaknya nanti pada 30 Juli akan dilaksanakan jalan sehat dengan berbagai macam hadia menarik dan hadiah utama sepeda listrik, tiket jalan sehat Rp 10 ribu bisa didapatkan di lokasi acara dan stan-stan yang tersedia,” pungkasnya.

Tahun 2023 ini kita akan merayakan Harkopnas yang ke-76. Tema yang diangkat adalah “Membangun Koperasi Berbasis Kearifan Lokal Menuju Ekonomi Gotong Royong yang Mandiri, Modern, dan Berdigital”. (Adv)