SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DAN PERINDUSTRIAN KOTA BALIKPAPAN

Puluhan Pelaku Usaha di Balikpapan Ikuti Sosialisasi P3DN dan SIINAS

Wednesday - 30 Agustus 2023 - Dibaca: 436 kali

Sebanyak 60 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Balikpapan mengikuti Sosialisasi Implementasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan Sistem Informasi Industri Nasional atau SIINAS, Selasa 28 Agustus 2023.

Bertindak sebagai narasumber pejabat Pusat Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P4DN) Kementerian Perindustrian, Mahardi Tunggul Wicaksono, M.Eng. Dan pejabat Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Perindustrian, Dewi Setiawati, ST, M.Si.

Kegiatan Sosialisasi Implementasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan Sistem Informasi Industri Nasional atau SIINAS, dibuka secara langsung oleh Sekretaris Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Perindustrian (DKUMKP) Balikpapan, Muhammad Idris.

“Salah satu upaya pemerintah membantu pelaku usaha yaitu dengan Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) yang bertujuan mendorong penggunaan produk-produk di dalam negeri,” kata Muhammad Idris membacakan sambutan Kepala DKUMKP, Heru Ressandy.

Kebijakan itu mendukung pertumbuhan ekonomi domestik, mengurangi ketergantungan pada impor, dan menciptakan lapangan kerja lokal. P3DN juga akan mendorong pertumbuhan sektor manufaktur dan industri lainnya.

“Di sisi lain, upaya pemerintah dalam menentukan kebijakan tentunya, membutuhkan data dan informasi yang baik dan akurat. Data dan informasi yang baik dan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan dan kebijakan, membutuhkan kesadaran dan peran pelaku usaha, dalam memberikan informasi tentang perkembangan usaha dan bisnisnya,” jelasnya.

Kembali Muhammd Idris mengatakan, Sistem Informasi Industri Nasional, sudah dicanangkan pemerintah sejak tahun 2019 melalui Permenperin 2 tahun 2019 tentang Penyampaian Data Industri, Kawasan Industri, Data Lain, Informasi Industri dan Informasi Lain Melalui SIINAS.

“SIINAS diharapkan dapat mempermudah pelaku usaha industri dalam menyampaikan data perkembangan usahanya dan dapat memberikan banyak manfaat bagi pelaku usaha industri dalam mengembangkan usahanya,” imbuh Idris.

Sementara Ketua Sosialisasi P3DN dan SIINAS Balikpapan, Tonny Hartono mengatakan tujuan kegiatan tersebut untuk memberikan pengetahuan dan informasi bagi pelaku usaha industri mengenai implementasi P3DN dan SIINAS.

“Sehingga para peserta diharapkan dapat memahami kebijakan pemerintah dalam implementasi P3DN dan sertifikasi TKDN, memahami manfaat dan pentingnya SIINAS, dna mengetahui cara registrasi akun SIINAS, serta cara pengisian data industri di dalam SIINAS,” jelasnya

sc : ibukotakini.com