SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DAN PERINDUSTRIAN KOTA BALIKPAPAN

Forum Perangkat Daerah Sektor Indagkop dan UKM se-Kaltim Tahun 2019

Friday - 03 Mei 2019 - Dibaca: 915 kali

Sendawar – DKUMKMP Kota Balikpapan menghadiri Forum Perangkat Daerah Sektor Industri, Perdagangan, Koperasi dan UKM se-Kaltim yang diselenggarakan oleh Disperindagkop dan UKM Provinsi Kalimantan Timur pada tanggal 26-28 Maret 2019. Acara yang dibuka oleh Bupati Kutai Barat - FX. Yapan, S.H ini mengangkat tema “Sinkronisasi Kegiatan Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM dalam Upaya Perwujudan Berani untuk Kalimantan Timur Berdaulat”.

“Terdapat 4 lapangan usaha yang diharapkan dapat menjadi motor penggerak baru bagi ekonomi Kaltim, yaitu lapangan usaha industri pengolahan, jasa pariwisata, pertanian, dan perdagangan. Lapangan usaha industri pengolahan merupakan lapangan usaha ekonomi terbesar kedua di Kaltim. Namun demikian, saat ini industri pengolahan masih terfokus pada industri migas sehingga industri non-migas diharapkan dapat berperan lebih besar” tutur Bupati Kubar dalam sambutannya. Percepatan pertumbuhan ekonomi Kaltim perlu difokuskan pada pembangunan kawasan industri strategis hingga pembangunan hilirisasi sumber daya dari kawasan tersebut. 

Selain dikemas dalam pemaparan materi dari berbagai narasumber, kegiatan ini juga dikemas dalam mekanisme desk masing-masing bidang (koperasi, industri, dan perdagangan) serta kunjungan lapangan ke Taman Adat Sendawar, Sentra Produksi Kerajinan Rotan Kampung Pepas Eheng Kecamatan Barong Tongkok, Shelter dan Pasar Olah Bebaya Kecamatan Melak, serta objek wisata Danau Aco yang terletak di Kampung Linggang Melapeh-Kecamatan Linggang Bigung dengan sajian tarian tradisional Dayak, salah satunya Tari Belian Sentiu.