SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DAN PERINDUSTRIAN KOTA BALIKPAPAN

Diskusi Hangat di Hari Kedua Forum PD Indagkop dan UKM 2021

Friday - 09 April 2021 - Dibaca: 338 kali

Balikpapan - Setelah pelepasan 9 eksportir oleh Gubernur Kalimantan Timur ke 10 negara tujuan, kegiatan Forum Perangkat Daerah sektor Industri, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Indagkop dan UKM) Se-Kaltim dilanjutkan dengan penyampaian materi kebijakan dan strategi pengembangan ekspor yang disampaikan oleh Dirjen PEN Kemendag RI secara daring (24/03/21). "Dari sisi kontribusi ekspor nasional, hanya Kalimantan Timur,  Jawa Barat dan Jawa Timur yang kontribusinya cukup signifikan dan termasuk 5 besar kontributor utama terhadap ekspor nasional" papar beliau, yang langsung diikuti dengan gemuruh tepuk tangan meriah dari seluruh peserta forum.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan, Adwar Skenda Putra berkesempatan menjadi moderator dalam panel pertama dimana Ketua Dekranasda Kaltim, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI, Bulog, dan Kabid Ekonomi Bappeda Provinsi Kaltim menjadi narasumber.

Semangat luar biasa dari Ketua Dekranasda Kaltim saat memaparkan mengenai peran serta Dekranasda Provinsi Kaltim. Hj. Noorbaiti Isran Noor memotivasi seluruh Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota untuk selalu semangat mengabdikan dirinya dalam menumbuhkembangkan kriya unggulan berbasis kearifan lokal di wilayah masing-masing hingga tak terasa menitikkan air mata. Materi yang tidak kalah penting adalah kesiapan Bulog menjelang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri yang disampaikan oleh Kabid Pengadaan dan Pelayanan Bulog Wilayah Kaltimtara. Panel pertama dilanjutkan dengan diskusi hangat bersama seluruh peserta forum, baik yang hadir secara langsung di Hotel Platinum Balikpapan maupun secara daring melalui Zoom Meeting.

Sesi kedua diawali dengan penandatangan kontrak kerja Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) IKM Program Beasiswa Kementerian Perindustrian Angkatan Tahun 2016 Program Diploma IV dan dilanjutkan pemaparan materi secara daring oleh Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian RI dengan topik Hilirisasi SDA Lokal untuk Meningkatkan Nilai Tambah dan Daya Saing Produk Daerah yang juga menjadi tema Forum PD tahun ini. "Startup for Industry 2021" dan keberadaan rumah kemasan menjadi salah satu point yang ditekankan oleh Dirjen IKMA. Deputi Bidang Perkoperasian Kemenkop dan UKM RI memaparkan kebijakan nasional terhadap peningkatan nilai tambah dan daya saing  komoditi unggulan bagi UKM dan koperasi. Kepala Disperindagkop dan UKM Provinsi Kalimantan Timur memaparkan mengenai capaian kinerja provinsi di tahun 2021 serta rencana program dan kegiatan yang menjadi fokus di tahun 2022. 

Tanpa mengurangi esensi dari acara, Kepala Dinas Perdagangan Kota Balikpapan selaku moderator membatasi diskusi tanya jawab dalam panel kedua mengingat protokol kesehatan yang sebisa mungkin meminimasi durasi waktu berkumpul.