SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DAN PERINDUSTRIAN KOTA BALIKPAPAN

Kembangkan Sarpras SIKT, DKUMKMP Lakukan Studi Komperatif ke Sinjai

Monday - 17 Mei 2021 - Dibaca: 712 kali

Sinjai - Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan terus melakukan pembangunan maupun pengembangan / revitalisasi sarana dan prasarana di Sentra Industri Kecil Teritip (SIKT), salah satunya rencana penyediaan air bersih dan pembangunan cold storage. Berkenaan dengan hal tersebut, DKUMKMP melakukan studi komperatif ke Kabupaten Sinjai yang dipimpin langsung oleh Kepala DKUMKMP, Adwar Skenda Putra (29/04/21). Pemilihan Kabupaten Sinjai-Sulawesi Selatan sebagai lokasi studi komperatif bukan tanpa alasan. Dari 22 Kabupaten/Kota yang mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Perindustrian RI, Sentra Industri Kecil Hasil Perikanan Kabupaten Sinjai adalah salah satu sentra yang mulai dibangun pada tahun 2017 dan telah selesai pembangunannya pada tahun 2019.

Kepala UPTD Sentra Industri Kecil dan Menengah Pengolahan Hasil Perikanan Kabupaten Sinjai, Abdul Wahid, menyambut hangat kedatangan tim DKUMKMP di Sentra. Beberapa informasi yang diperoleh selama kegiatan ini diantaranya :
Sentra Industri Kecil dan Menengah Pengolahan Hasil Perikanan Kabupaten Sinjai terbangun diatas lahan seluas 10 ribu meter persegi dengan dilengkapi fasilitas Gedung kantor UPTD, galeri / show case hasil produk IKM yang ada di dalam sentra, laboratorium, rumah produksi, klinik kemasan, gudang penyimpanan bahan baku, cold storage, workshop mesin dan peralatan, rumah genset, kantin, jaringan air limbah, jaringan air bersih, tempat pembuangan sampah sementara, dan dermaga / pelabuhan pendaratan bahan baku. Di dalam sentra ini terdapat 10 rumah produksi yang telah digunakan secara maksimal seluruhnya oleh IKM hasil perikanan di Kabupaten Sinjai.

Dalam studi ini juga dilakukan peninjauan langsung ke rumah produksi IKM KSM Tenggiri yang telah memenuhi standar SNI dalam proses produksinya dengan hasil produk berupa bakso ikan, siomay ikan, otak-otak ikan, nugget ikan dan sambal goreng ikan teri dan kacang. Di dalam rumah produksi tersebut dapat terlihat bagian-bagian ruangan yang telah terpisah antara lain ruangan display produk jadi, ruangan pengemasan, area produksi (produk setengah jadi, bahan baku/gudang, ruang produksi/dapur dan toilet). Secara keseluruhan, bangunan dan fasilitas yang ada di Sentra Industri Kecil dan Menengah Pengolahan Hasil Perikanan Kabupaten Sinjai telah lengkap dan siap untuk di operasionalkan. Namun ada beberapa fasilitas seperti cold storage, klinik kemasan serta workshop mesin dan peralatan yang sampai saat ini masih belum di maksimalkan penggunaannya karena terkendala SDM yang masih minim.

Melalui studi komperatif ini diharapkan dapat menjadi gambaran dalam pembangunan sarana prasarana di Sentra Industri Kecil Teritip Kota Balikpapan sesuai standar yang dibutuhkan oleh IKM di dalam sentra. Disamping itu, kerjasama antara Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan dengan Dinas Perdagangan, Perindustrian dan ESDM Kabupaten Sinjai dapat terus terjalin.