SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DAN PERINDUSTRIAN KOTA BALIKPAPAN

Pelatihan Pengelolaan bisnis dan Manajemen Wirausaha

Wednesday - 31 Agustus 2022 - Dibaca: 75 kali

Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan menggelar Pelatihan Pengelolaan Bisnis dan Manajemen Wirausaha sebagai upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan daya saing Industri Kecil Menengah (IKM), .

Kegiatan ini dibuka langsung Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan, Ibu Rosdiana, di Novotel Balikpapan, Selasa, 30 Agustus 2022.

Pelatihan yang diikuti pelaku industri kecil dan menengah selama 7 hari ke depan hingga 5 September 2022 ini dilaksanakan dengan anggaran kegiatan yang berasal dari dana alokasi khusus (DAK) non fisik penguatan kapasitas kelembagaan sentra IKM.

Dalam pelatihan yang diikuti oleh 30 peserta dan menghadirkan pakar pengelolaan bisnis dan manajemen wirausaha ini Plt. Kepala DKUMKM Kota Balikpapan, Ibu Rosdiana, menjelaskan bahwa melalui pelatihan ini akan memberikan motivasi sekaligus pemahaman manajemen dalam pengelolaan usaha.

“Dalam mengelola manajemen usaha dibutuhkan SDM yang berkualitas untuk menjalankan usaha yang berkelanjutan,” ungkapnya ketika membuka pelatihan.

Ia berharap melalui kegiatan ini IKM dapat terampil dalam menjalankan usaha yang kini ditekuni. Karena sektor industri kecil dan menengah adalah salah sektor yang mampu bertahan dalam terpaan badai ekonomi.

“Untuk kuat atau pun mampu bersaing dibutuhkan pengetahui SDM mengikuti majunya teknologi,” tambahnya.

Pada akhir sambutan, beliau menjelaskan metode pelatihan akan dilakukan dengan cara penyampaian materi, diskusi kelompok, simulasi dan praktik serta tanya jawab.

Adapun sebagai narasumber menghadirkan dari Universitas Mulawarman dan CFC cabang Samarinda yang berbagi pengalaman dalam manajemen usaha.