SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DAN PERINDUSTRIAN KOTA BALIKPAPAN

Dinas DKUMKMP Kota Balikpapan Menggelar Pelatihan IKM Perbengkelan Roda 2

Thursday - 13 Oktober 2022 - Dibaca: 322 kali

Pemerintah Kota Balikpapan terus berupaya membantu pelaku industri kecil menengah (IKM) untuk tetap bertahan, pulih dan bangkit kembali setelah pandemi Covid 19.

Upaya tersebut dilakukan Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan melalui berbagai program yang diluncurkan tahun ini. Setelah melakukan pelatihan pelaku IKM kuliner, kali ini giliran pelaku IKM perbengkelan roda 2 yang menjadi sasaran program.

Dinas KUMKMP Balikpapan menggelar pelatihan kepada 20 pelaku IKM perbengkelan bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja Indonesia (BLKI) Balikpapan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas KUMKMP Balikpapan, Rosdiana mengatakan ada dua hal penting dukungan pemerintah untuk pengembangan IKM.

“Yang pertama peningkatan skill atau keterampilan teknis sesuai bidang usahanya. Yang kedua peningkatan pengetahuan atau informasi bagaimana mengembangankan bisnis yang dijalani,” kata Rosdiana ketika membuka pelatihan, Selasa, 11 Oktober 2022.

Pelatihan bekerja sama dengan Direktorat IKM, Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut Kementerian Perindustrian.

Rosdiana berharap dengan pelatihan ini, IKM perbengkelan roda 2, selain dapat meningkatkan skill atau keterampilan dalam hal perbaikan kendaraan, juga mendapatkan pengetahuan mengenai perizinan usaha serta akses dana, untuk pengembangan usaha bagi industri kecil menengah.

“Sehingga dengan bekal pelatihan ini, mereka bisa semakin profesional dan meningkatkan skala usahanya,” terang Rosdiana.

Pelatihan perbengkelan akan berlangsung selama 3 hari sampai Jumat, 14 Oktober 2022. Selain mendapatkan teori, para pelaku pelatihan juga akan melakukan praktik secara langsung di bawah pengawasan para instruktur.

Lebih jauh, Rosdiana menyampaikan terima kasih kepada Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut, IR. DINI HANGGANDARI, M.Si. dan Direktorat IKM LMEA, Dijen IKMA, I Gusti Ngurah Agung A.W.N., ST., MM yang telah memfasilitasi kegiatan ini.