SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DAN PERINDUSTRIAN KOTA BALIKPAPAN

Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Koperasi Melalui Bimtek

Friday - 27 September 2019 - Dibaca: 1158 kali

Balikpapan - Bertempat di Hotel Royal Suite Balikpapan, sebanyak 30 orang penggiat koperasi yang ada di Kota Balikpapan mengikuti Kegiatan Peningkatan Kualitas Kelembagaan Koperasi melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Koperasi yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan. Kegiatan dimulai pada tanggal 24 September 2019 yang dibuka oleh Kepala DKUMKMP dan berlangsung hingga tanggal 26 September 2019.

Sebagaimana diketahui bahwa amanah Undang-Undang nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian dalam pasal 3 disebutkan bahwa koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Kegiatan Bimtek ini merupakan salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh para pengurus atau manager koperasi yang ada di Balikpapan. Pengurus Koperasi sebagai anggota yang terpilih dan mendapatkan amanah untuk mengurus koperasi, selain harus dapat menyelenggarakan Rapat Anggota sesuai dengan mekanisme yang benar sesuai dengan regulasi perkoperasian, diharapkan juga dapat menyusun Rencana Kerja Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi sesuai dengan visi dan misi koperasi. Penghimpunan modal dan usaha anggota koperasi inilah yang harus dikelola secara profesional, berkualitas dan transparan serta dapat dipertanggungjawabkan pengurus terhadap anggota. 

Selama 2 (dua) hari pertama bimtek, 24-25 September 2019, materi diisi oleh narasumber dari Kementerian Koperasi dan UKM RI (Bpk. Aldrinsyah, SE dan Bpk. Tengku Perdana Faisal, SH) dengan topik mengenai Rapat Anggota Tahunan (RAT), Partisipasi Anggota, Tata Kelola Koperasi, Standardisasi Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas, Rencana Kerja Koperasi, serta Peraturan dan Laporan Koperasi. Seluruh peserta tampak aktif dan selalu bersemangat mengikuti rangkaian acara bimtek dan diskusi hingga hari terakhir, 26 September 2019, yang membahas mengenai Pengelompokan Koperasi, Prinsip Pembagian SHU Koperasi, serta Modal Koperasi dan Akuntabilitas Koperasi, yang dipaparkan oleh Drs. Bachtiar, MM dari STIE Balikpapan.

                           

                        

Terima kasih kepada seluruh narasumber yang telah berbagi ilmu, wawasan, dan pengalaman kepada seluruh peserta (pengurus / manager dan karyawan koperasi). Melalui kegiatan ini diharapkan pengelolaan koperasi di Kota Balikpapan semakin baik, profesional, transparan dan akuntabel.