SELAMAT DATANG DI WEBSITE DINAS KOPERASI USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DAN PERINDUSTRIAN KOTA BALIKPAPAN

Upacara Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-76 Tahun 2023

Monday - 31 Juli 2023 - Dibaca: 136 kali

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud bertugas sebagai inspektur upacara pada Upacara Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) Ke-76 tahun 2023 Tingkat Kota Balikpapan, senin (17/7/2023) di Balaikota Balikpapan.

Pada kesempatan ini Wali Kota Rahmad Mas’ud membacakan sambutan Menteri UKM Republik Indonesia, Teten Masduki. Ia menyampaikan, koperasi berfungsi untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat.

"Untuk mensejahterakan anggota koperasi menyelenggarakan berbagai usaha, serta layanan sesuai kebutuhan anggota," ungkapnya.

Inti dari koperasi sebagai perusahaan. Yang mana anggota menjadi pemilik dan pengguna jasanya. "Maka efisiensi kolektif dapat dilakukan. Posisi tawar terhadap pasar dapat ditingkatkan dan konsilidasi sumberdaya untuk berbagai usaha dapat diselenggarakan," ungkapnya.

Dimana ibaratkan kendaraan, koperasi ini seperti bus yang mengangkut banyak orang. Jumlah tersebut menjadi salah satu kekuatan koperasi dengan cara menyatukan kepentingan anggota untuk melakukan pengadaan, produksi, pengolahan atau pemasaran bersama.

"Di negara-negara maju, koperasi anggotanya ribuan, ratusan ribu dan bahkan jutaan orang. Bahwasanya kekuatan bersama atau kolektif adalah kunci sukses koperasi. Best practice semacam itu harus dicontoh dan kembangkan di berbagai wilayah Indonesia”, ungkapnya.

Menurutnya pemerintah saat ini fokus pada pengembangan koperasi sektor riil guna membangun ekonomi anggota dan masyarakat yang lebih luas. Dari sisi peluang, koperasi sektor riil ini juga memiliki banyak potensi mulai dari pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan, jasa, pariwisata, dan banyak macam usaha lainnya.